Biografi Dani pedrosa : pembalap MotoGP




Daniel "dani" Pedrosa Ramal lahir di Sabadel,spanyol 29 september 1985, adalah salah seorang pembalap motoGP.Ia mulai debut balap grandpix motor pada tahun 2001 di kelas GP 125cc bersama Telefonica movistar Honda JR dan meraih juara 3 dunia GP 125cc dengan poin 223.Pada tahun 2004 ia pindah ke kelas 250cc dan langsung merebut juara dunia GP 250cc.Tahun 2005 ia kembali mendominasi balapan dan mempertahankan gelar juara dunia GP 250cc.Di musim balap 2006 ia naik membalap tim Repsol Honda, bersama pembalap Amerika Nicky Hayden sampai musim 2008 dan Andrea Dovisiozo pada musim 2009.Dan tahun 2012,ia akan bersama Casey Stoner.




KARIER AWAL                                                                                                  



Balapan Junior
Pedrosa mulai mengendarai sepeda di awal usia empat tahun ,ketika ia mendapat sepeda motor pertamanya,Italijet 50.Sepeda balap pertamanya adalah replika sepeda mini Kawasaki ,yang ia punyai di usia enam tahun dan digunakan untuk balapan dengan teman temannya.Pedrosa berlomba di balapan yang sesungguhnya pada usia 9 tahun,ketika ia memasuki Kejuaraan sepeda motor mini Spanyol dan mengakhiri musim debutnya di tempat kedua ,mencetak podium pertama di balapan kedua musim itu.Tahun berikutnya ,Pedrosa memasuki kejuaraan yang sama,tapi masalah kesehatan menghambat dua untuk terus berkompetisi dan dia mengakhiri musim di posisi ke 3.

125cc

Pada tahun 2001,pedrosa membuat debutnya di kejuaraan dunia kelas 125cc setelahterpilih dari Movistar Activa Cup , serangkaian rancangan untuk mempromosikan bakat balap di Segar Spanyol , kembali pada tahun 2009.Dibawah bimbingan  Alberto Puig , Pedrosa mencetak dua kali naik podium dimusim pertama dan memenangkan balapan pertamanya pada tahun berikutnya , dan selesai di posisi ke 3 dalam kejuaraan.Pada tahun 2003,ia memenangkan lima balapan dan lagi memenangkan kejuaraan dua putaran tersisa mengumpulkan 223 poin.Pedrosa mencetak lima kemenangan dan enam podium.Seminggu setelah memenangkan kejuaraan , pada usia 18 tahun,kedua pergelangan kaki pedrosa patah dalam kecelakaan selama latihan di Philip Island (Australia)

250cc

setelah memenangkan kejuaraan 125cc ,pedrosa pun pindah kelas ke 250cc ditahun 2004 tanpa proper test pada sepeda baru karena pergelangan kakinya masih dalam proses penyembuhan selama  musim-off.Menghadapi musim dengan persiapan kurang , Pedrosa memenangkan lomba pertama di afrika selatan untuk merebut gelar Kejuaraan Dunia 250cc,termasuk satu penghargaan rookie tahun.Dalam musim pertamanya di kelas 250cc,pedrosa mencetak 7 kemenangan dan 13 podium .Pedrosa memutuskan untuk tinggal selama satu musim lebih banyak di kelas 250cc dan memenangkan gelar lain,sekali lagi dengan dua balapan tersisa di kejuaraan.Pada tahun 2005,pedrosa memenangkan 8 balapan  dan mencetak 14 finis podium,meski ia menderita cedera di bahu dalam sesi latihan di Grandpix Jepang .

MotoGP


Pedrosa memutuskan pindah ke kelas Utama MotoGP di musim balap 2006,bergabung dengan Repsol Honda.Kritik  kepada pedrosa bahwa tbuh mungilnya tidak akan cukup kuat untuk menunggangi sepeda yang besar  dan berat di kelas Utama MotoGP.Pedrosa ingin menunjukan bahwa kritik itu salah,ia buktikan dari prestasinya yang menempati posisi kedua di seuri pembuka di sirkuit  Jerez pada tanggal 2006.Pada penampilan keempat MotoGPnya pada 14 mei 2006,ia memenangkan seri MotoGP pertamanya di Sirkuit Sanghai,cina.Kemenangan ini membuatnya menjadi pemenang termuda ke-2 bersama Norick Abe di kelas primer setelah Freddie Spencer .Ia memenangkan balapan MotoGP keduanya di Donington Park dan menjadi kandidat kuat ntuk kejuaraan MotoGP .Itu adalah kemenangan mengesankan bagi pedrosa ,yang berbagi podium pertama dengan valentino rossi ditempat 2.Sampai grandpix Malaysia di sepang,pedrosa berada di posisi 2 di kejuaraan hanya di belakang rekan setimnya yang lebih berpengalaman ,Nicky Hayden . Pedrosa  berada pada posisi start kelima pada grif lomba yang karena pembatalan sesi kualifikasi karena hujan deras.Secara ajaib berhasil selesai di posisi ke 3 dalam lomba itu,hanya di belakang rossi dan ducati yang dikendarai Loris Capirossi

namun,di balapan berikutnya dia mengalami kecelakaan yang mebuatnya turun ke peringkat 5 di klasemen sementara MotoGP.Kecelakaan selanjutnya  terjadi di Estoril.Setelah awal yang menjanjikan ,pada lap 5 ia dan hayden terlubat dalam kecelakaan .Pedrosa membuat kesalahan  sambil mencoba untuk menyalip hayden ,meluncur dan jatuh keluar dari perlombaan bersama hayden .Kecelakaan ini membuatnya memiliki kemungkinan tipis untuk memenangkan kejuaraan dan hayden juga menyebabkan kehilangan keunggulannya dalam klasemen kejuaraan ,setelah rossi berhasil selesai di posisi ke 2.Namun dua minggu kemudian ,hayden bangkit untuk memenangkan kejuaraan sementara Pedrosa berhasil finis di posisi ke 4.Hasil ini membuatnya berada di tempat ke 5 di klasemen akhir musim debutnya , memenangkan gelar sebagai Rookie of the Year  dalam kategori MotoGP ,mengalahkan rookie rekan saingannya di kelas 250cc casey stoner.Pada tes tiga hari tahun 2006 di Jerez Spanyol ,pedrosa menenmpatkan 800cc RC212V di bagian atas timesheets (dikualifikasi ban ) selisih dengan Valentino Rossi 0,214 detik.Rossi menjadi yang tercepat untuk dua hari pertama tes,pedrosa mencatatkan waktu 1menit 39,910 detik di sirkuit Jerez .

Comments