KARIER AWAL
Pedrosa mulai mengendarai sepeda di awal usia empat tahun ,ketika ia mendapat sepeda motor pertamanya,Italijet 50.Sepeda balap pertamanya adalah replika sepeda mini Kawasaki ,yang ia punyai di usia enam tahun dan digunakan untuk balapan dengan teman temannya.Pedrosa berlomba di balapan yang sesungguhnya pada usia 9 tahun,ketika ia memasuki Kejuaraan sepeda motor mini Spanyol dan mengakhiri musim debutnya di tempat kedua ,mencetak podium pertama di balapan kedua musim itu.Tahun berikutnya ,Pedrosa memasuki kejuaraan yang sama,tapi masalah kesehatan menghambat dua untuk terus berkompetisi dan dia mengakhiri musim di posisi ke 3.
125cc
Pada tahun 2001,pedrosa membuat debutnya di kejuaraan dunia kelas 125cc setelahterpilih dari Movistar Activa Cup , serangkaian rancangan untuk mempromosikan bakat balap di Segar Spanyol , kembali pada tahun 2009.Dibawah bimbingan Alberto Puig , Pedrosa mencetak dua kali naik podium dimusim pertama dan memenangkan balapan pertamanya pada tahun berikutnya , dan selesai di posisi ke 3 dalam kejuaraan.Pada tahun 2003,ia memenangkan lima balapan dan lagi memenangkan kejuaraan dua putaran tersisa mengumpulkan 223 poin.Pedrosa mencetak lima kemenangan dan enam podium.Seminggu setelah memenangkan kejuaraan , pada usia 18 tahun,kedua pergelangan kaki pedrosa patah dalam kecelakaan selama latihan di Philip Island (Australia)
250cc
setelah memenangkan kejuaraan 125cc ,pedrosa pun pindah kelas ke 250cc ditahun 2004 tanpa proper test pada sepeda baru karena pergelangan kakinya masih dalam proses penyembuhan selama musim-off.Menghadapi musim dengan persiapan kurang , Pedrosa memenangkan lomba pertama di afrika selatan untuk merebut gelar Kejuaraan Dunia 250cc,termasuk satu penghargaan rookie tahun.Dalam musim pertamanya di kelas 250cc,pedrosa mencetak 7 kemenangan dan 13 podium .Pedrosa memutuskan untuk tinggal selama satu musim lebih banyak di kelas 250cc dan memenangkan gelar lain,sekali lagi dengan dua balapan tersisa di kejuaraan.Pada tahun 2005,pedrosa memenangkan 8 balapan dan mencetak 14 finis podium,meski ia menderita cedera di bahu dalam sesi latihan di Grandpix Jepang .
MotoGP
namun,di balapan berikutnya dia mengalami kecelakaan yang mebuatnya turun ke peringkat 5 di klasemen sementara MotoGP.Kecelakaan selanjutnya terjadi di Estoril.Setelah awal yang menjanjikan ,pada lap 5 ia dan hayden terlubat dalam kecelakaan .Pedrosa membuat kesalahan sambil mencoba untuk menyalip hayden ,meluncur dan jatuh keluar dari perlombaan bersama hayden .Kecelakaan ini membuatnya memiliki kemungkinan tipis untuk memenangkan kejuaraan dan hayden juga menyebabkan kehilangan keunggulannya dalam klasemen kejuaraan ,setelah rossi berhasil selesai di posisi ke 2.Namun dua minggu kemudian ,hayden bangkit untuk memenangkan kejuaraan sementara Pedrosa berhasil finis di posisi ke 4.Hasil ini membuatnya berada di tempat ke 5 di klasemen akhir musim debutnya , memenangkan gelar sebagai Rookie of the Year dalam kategori MotoGP ,mengalahkan rookie rekan saingannya di kelas 250cc casey stoner.Pada tes tiga hari tahun 2006 di Jerez Spanyol ,pedrosa menenmpatkan 800cc RC212V di bagian atas timesheets (dikualifikasi ban ) selisih dengan Valentino Rossi 0,214 detik.Rossi menjadi yang tercepat untuk dua hari pertama tes,pedrosa mencatatkan waktu 1menit 39,910 detik di sirkuit Jerez .
Comments